Rabu, 21 Januari 2015

  • Pengertian Inovasi

    Hai para Inovator yang sekarang tengah melihat blog ini. kemungkinan kalian ke blog ini untuk mempelajari atau memperdalam tentang inovasi kan? atau kalau tidak, kalian ingin mengetahui berbagai inovasi yang di post di blog ini, iya kan?. 

    Oke, kalian ingin sekali kan, menjadi inovator yang sukses, dan kalian tahu cara awal yang kalian harus ketahui? pasti ada yang udah tahu dan ada yang belum. Jadi, yang harus kalian ketahui terlebih dahulu adalah : PENGERTIAN INOVASI



    Inovasi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya. Dan orang yang melakukan inovasi disebut inovator dan dari istilah inilah saya memanggil orang yang melihat blog ini (kamu) dengan panggilan inovator yang bertujuan agar menjadi do'a untuk kalian semua agar menjadi inovator selalu karena perkataan adalah do'adan kata sifat dari inovasi adalah inovatif.

    Sesuatu hal yang inovatif haruslah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain. Umumnya, inovasi dibedakan atas dua : 
    • inovasi yang terjadi karena sengaja(invention) adalah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada.
    • inovasi yang terjadi tanpa disengaja (discovery) adalah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention jika masyarakat sudah mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.
    Dari pengertian inovasi di atas, maka sesuatu dikatakan inovatif apabila memenuhi ketiga syarat sebagai berikut:
    • Baru.
    • Berbeda dari yang sudah ada.
    • Bermanfaat bagi inovator dan orang lain.
    Pengertian inovasi hampir sama dengan pengertian kreatif. Satu hal penting yang menjadi pembeda kedua istilah tersebut adalah tidak semua orang memiliki sikap inovatif. Kreativitas adalah naluri sejak lahir, sedangkan inovasi muncul apabila kreativitas terus diasah dan dikembangkan. Inovasi dapat menyebabkan perubahan dalam bidang-bidang lain dalam masyarakat. Contoh, penemuan dalam bidang teknologi pertanian tentu akan mempengaruhi teknik atau cara petani mengolah pertaniannya.

  • 2 komentar:

    Copyright @ 2015 InnovasIndonesia.

    Designed by Abdurrahman Faiz

    notifikasi
    close